Langsung ke konten utama

Perbedaan Kontrakan Rumah vs Kosan Biasa: Kamu Butuh yang Mana?

Apakah kamu sedang bingung untuk memilih antara tinggal di rumah kontrakan atau kosan biasa? Tinggal dimana pun sebenarnya akan nyaman kalau kamu adalah tipe orang yang muda menyesuaikan diri dan gampang beradaptasi, kemungkinan yang membedakan keduanya hanya lah biaya.


Perbandingannya adalah apabila kamu tinggal di kontrakan dan apabila kamu hanya akan tinggal sendiri maka rasanya akan boros jadinya karena rumah kontrakan bisanya terdiri dari beberapa kamar dan akan repot untuk membersihkan satu rumah sendirian, kecuali kamu tinggal di rumah kontrakan tersebut bersama beberapa teman kamu dan kalian patungan untuk membayar sewa kosan dan bekerjasama untuk membersihkan kontrakan tersebut.

Kalau di bilang nyaman atau tidak nyamannya ya biasanya kontrakan akan lebih nyaman dari kosan yang biasanya luasnya lebih kecil dari kontrakan dan semua fasilitas yang ada harus Anda share dengan penghuni lainnya.

Kalau untuk biaya biasanya kosan akan lebih murah dari kontrakan dan di kosan kamu tidak perlu membayar listrik, air, dan lain lain yang menyangkut rumah kosan tersebut tetapi kalau di kontrakan, kamu biasanya harus membayar air, listrik dan uang keamanan bahkan uang kebersihan yang wajib di bayarkan oleh setiap warga yang tinggal di lingkungan sekitar.

Jadi apa perbedaan rumah kontrakan rumah dan kosan?kita akan bahas satu persatu.

Biaya

Dari segi biaya yang akan di keluarkan mengontrak rumah sudah pasti mengeluarkan biaya lebih besar dari pada kosan karena selain butuh maintainance yang lebih banyak dan bayar iuran lain lain yang harus di bayarkan. Apabila kosan Anda hanya akan membayar biaya kamar saja dan biaya biaya lain sudah include di pembayaran kosan tersebut pertahun atau perbulan.

Selain itu untuk rumah kontrakan terkadang apabila terjadi kerusakan maka ada beberapa kerusakan yang pemilik rumah tidak memperbaikinya sebagai bentuk dari tanggung jawab mereka ini biasanya tergantung dari perjanjian awal. Jadi apabila ada kerusakan maka penghuni rumah kontrakan tersebut lah yang harus memperbaikinya sendiri. Kalau kosan segala kerusakan yang menyangkut kamar kosan dan fasilitas akan menjadi tanggung jawab pemilik kosan tersebut jadi lebih terjamin.

Fasilitas

Fasilitas ini dalam bentuk misalnya dapur, teras, ruang tamu dan lain lain. Kalau kamu mengontrak rumah maka fasilitasnya dapat kamu nikmati private untuk kamu sendiri sementara kalau kosan kamu harus sharing dan berbagi dengan penghuni kosan lainnya.

Misalnya dapur harus bergantian dengan penghuni lain dan bahan bahan makanan yang kamu letakkan di kulkas kemungkinan bisa di ambil oleh penghuni lainnya tanpa kamu ketahui, berbeda denga kontrakan yang semua nya lebih aman dan dapat menggunakan fasilitas kapan saja tanpa harus menunggu orang lain dan bergantian.

Privacy

Privacy di rumah kontrakan lebih terjaga dan sudah pasti lebih bebas dari kosan, kalau di kosan kamu harus lapor ini itu kalau mau menerima tamu atau pulang malam karena bisanya ada jam malam yang di berlakukan di setiap kosan yang ada khususnya apabila kosan tersebut khusus perempuan. Jadi privacy apabila mengontrak rumah lebih terjaga di bandingkan dengan kost.

Tinggal di rumah kontrakan atau kosan semua ada plus minus nya, apabila kamu lebih senang dengan bebas tapi biaya lebih besar maka kontrakan adalah pilihannya tetapi kalau kamu mau nya tau beres dan malah repot bayar bayar lebih maka kosan adalah jawabanya. Tinggal dimana sama saja asalkan kamu merasa nyaman dan betah.

Postingan populer dari blog ini

8 Tips Sakti Untuk yang Sedang Mencari Kontrakan Nyaman di Bandung

Apakah Anda sedang mencari rumah kontrakan di Bandung? Mencari rumah kontrakan di Bandung   adalah gampang gampang susah karena tidak semua kontrakan yang sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan tersedia. Anda harus memiliki beberapa kriteria yang Anda butuhkan untuk rumah tersebut, jadi coba untuk list hal hal yang Anda butuhkan untuk kontrakan yang Anda targetkan. Misalnya dimana lokasi yang Anda ingin kan apakah yang dekat dengan kantor Anda atau dengan rumah kerabat Anda yang lain atau juga dengan sekolah anak Anda nantinya. Karena jangan asal memilih kontrakan yang murah saja tetapi Anda perlu ada pertimbangan yang menguntungkan bagi Anda sehingga semuanya akan worth it bagi Anda.  Photo by  Nathan Fertig  on  Unsplash Jadi untuk memilih rumah kontrakan ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan untuk di jadikan referensi Anda nantinya. 1. Lokasi Lokasi menentukan prestasi begitu setidaknya orang orang menyebutkan tentang lokasi, karena Anda mengontrak rumah

5 Masalah Paling Sering Terjadi dan Solusinya jika Tinggal di Kontrakan Sendirian

Mencari tempat tinggal bukan lah hal yang mudah, apabila kamu di haruskan dinas di tempat tertentu atau kuliah di satu daerah yang baru bagi kamu dan kamu akan di tempatkan atau tinggal di rumah kontrakan sendirian maka sebenarnya bukan masalah besar, karena tinggal di rumah kontrakan sendirian juga bisa nyaman asal kamu bisa dengan cepat menyesuaikan diri dan membuat rumah kontrakan tersebut seperti rumah sendiri, misalnya atur lah furniture yang ada senyaman mungkin agak kamu selalu merasa betah dan nyaman tinggal di rumah kontrakan tersebut. Dan juga rajin membersihkan rumah kontrakan agar selalu bersih dan membuat kamu betah tinggal di rumah kontrakan walaupun hanya sendirian. Jadi apa saja sih masalah yang sering di hadapi kalau tinggal di kontrakan sendirian? Berikut ini adalah 5 masalah yang paling sering terjadi dan solusinya jika tinggal di kontrakan sendirian: 1. Keamanan Apabila kamu tinggal sendirian  , pasti warga sekitar akan mengetahui nya karena berita atau