Langsung ke konten utama

Apa Saja yang harus Kamu Persiapkan Sebelum Menempati Rumah Baru?

Pindah ke rumah baru adalah hal yang membuat semua orang akan exited dan menunggu nunggu hari dimana akan menempati rumah tersebut kalau bisa secepatnya. Apalagi bagi yang selama ini masih tinggal di pondok mertua indah atau mengontrak rumah.


Menempati rumah baru memang selalu nya terdengar menyenangkan itu kalau Kamu hanya bawa badan saja ke rumah tersebut ya kalau banyak barang barang yang harus di bawa untuk mengisi rumah baru tersebut itu lain ceritanya. Terkadang persiapan packing dan unpack bisa jadi hal yang melelahkan untuk pindah ke rumah yang baru.

Tetapi kalau di bawa happy dan fun pasti capek dan lelahnya tidak akan terasa yang terasa hanya kebahagiaan karena akhirnya dapat pindah ke rumah yang baru. Untuk menempati rumah yang baru tentu saja ada beberapa hal yang harus di persiapkan dari hal hal yang kecil sampai hal besar yang harusnya tidak ada yang terlupa dan terlewatkan. Di artikel kali ini kita akan membahas apa apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum menempati rumah baru.

1. List barang barang yang akan di bawa

Untuk pindah ke rumah baru, kamu pastinya punya beberapa atau banyak barang barang yang akan kamu letakkan di rumah yang baru. Seperti hal hal penting yang wajib yaitu baju, kebutuhan pribadi, kasur, lemari, meja , kursi dan lain lain.

Tetapi apabila kamu pindah ke rumah yang sudah fully furnished mungkin kamu tidak perlu membawa banyak furniture ke dalamnya tetapi terkadang kalau tidak memiliki list maka selalu ada saja yang terlewat.

Jadi buat lah list dan ada check list di dalamnya agar kamu dapat menandai setiap barang yang sudah kamu packing sehinggi tidak ada yang terlewat dan menghindari bolak balik kalau ada barang barang yang tertinggal. Karena lumayan capek kan untuk packing dan unpack nya lagi nanti jadi harus teliti dan hindari bolak balik hanya karena ada yang tertinggal.

List barang ini harusnya kamu buat jauh jauh hari sebelum kamu pindah minimal satu bulan sebelumnya karena akan ada barang barang kecil yang entah kenapa biasanya selalu ada saja yang terlewat. Apabila kamu memberikan jarak waktu list dengan pindahan maka di harapkan kamu tidak akan melewati barang barangmu satupun.

2. Tulis lah kardus pindahan dengan nama barang dan tempatnya di rumah baru

Misalnya apabila kamu packing barang pribadi seperti baju, maka tuliskan di kardusnya baju baju dengan namamu dan tempatnya misalnya Baju Siska, Kamar Tidur Lantai 2. Ini untuk memudahkan kamu dan orang yang mengangkat barangnya untuk dapat meletakkan nya langsung ke tempat kamu akan unpack barang tersebut jadi praktis dan tidak kerja dua kali bukan.

Kamu juga jadi lebih mudah mencari barang barang kamu yang akan kamu bereskan terlebih dahulu. Jadi persiapan matang dari awal ini sebenarnya sangat membantu meringankan beban kamu nanti kalau kamu sudah pindah di tempat yang baru.

3. Letakkan kebutuhan utama di satu tempat yang sama

Karena kamu tidak mungkin membereskan barang barang mu dalam satu hari saja, maka letakkan lah benda benda wajib di satu kardus atau satu tempat yang akan memudah kan kamu nantinya kalau membutuhkan barang barang inti tersebut.

Yang di sebut barang inti itu adalah misalnya peralatan mandi, baju yang akan di pakai, peralatan makan inti seperti piring, sendok garpu dan gelas dan lain lain yang menurut kamu penting dan akan di gunakan di hari hari pertama kepindahan mu.

4. Kabarkan kerabat dan keluarga terdekat

Selain siapa tau saja akan ada yang menawarkan diri dengan sukarela untuk membantu, selain itu untuk mengabarkan kepada mereka dimana rumah baru kamu nantinya sehingga kalau ada apa apa yang mendadak mereka akan tahu di mana menemukan kamu.

Sebisa mungkin jangan kabari debt collector ya karena nanti mereka akan mengejar mu ke rumah yang baru hahahaha….ini hanya bercanda saja loo..yang penting adalah mengabarkan kepindahan pada kerabat dekat atau bisa juga dengan membuat selamatan rumah baru atau house warming mengundang keluarga dan kerabat dekat sehingga mereka akan berkunjung ke rumah kamu yang baru dan juga dapat mempererat silaturahmi juga antara kamu dan keluarga juga teman teman dekat.

5. Periksa kondisi rumah sebelum di tempati

Periksa lagi kondisi rumah sebelum kamu menempatinya, misalnya apakah airnya berfungsi dengan baik, lampu lampu menyala dengan normal, atap atap tidak ada yang bocor, aliran listrik berfungsi di semua tempat dan lain lain. Kalau masih ada yang belum normal sebaiknya perbaiki terlebih dahulu sebelum kamu menempatinya karena kalau sudah menempatinya dan banyak hal yang perlu di perbaiki maka akan terasa tidak nyaman untuk kamu dan keluargamu.

Sudah lelah setelah beberes pindahan tiba tiba hujan lebat dan bocor di sana sini..sudah pasti tidak nyaman bukan? Jadi untuk menghindarinya usahakan memeriksa dulu kondiri rumah sebelum kamu tempati.

Jadi itu lah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum kamu pindah, jangan lupa untuk memeriksa kembali semua barang yang akan di bawa ya. Pastikan sekali jalan saja dan tidak ada yang tertinggal, semoga rumah baru kamu akan memberikan keberkahan dan kenyamanan untuk semua anggota keluarga yang tinggal di dalamnya. Selamat pindahan!

Postingan populer dari blog ini

8 Tips Sakti Untuk yang Sedang Mencari Kontrakan Nyaman di Bandung

Apakah Anda sedang mencari rumah kontrakan di Bandung? Mencari rumah kontrakan di Bandung   adalah gampang gampang susah karena tidak semua kontrakan yang sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan tersedia. Anda harus memiliki beberapa kriteria yang Anda butuhkan untuk rumah tersebut, jadi coba untuk list hal hal yang Anda butuhkan untuk kontrakan yang Anda targetkan. Misalnya dimana lokasi yang Anda ingin kan apakah yang dekat dengan kantor Anda atau dengan rumah kerabat Anda yang lain atau juga dengan sekolah anak Anda nantinya. Karena jangan asal memilih kontrakan yang murah saja tetapi Anda perlu ada pertimbangan yang menguntungkan bagi Anda sehingga semuanya akan worth it bagi Anda.  Photo by  Nathan Fertig  on  Unsplash Jadi untuk memilih rumah kontrakan ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan untuk di jadikan referensi Anda nantinya. 1. Lokasi Lokasi menentukan prestasi begitu setidaknya orang orang menyebutkan tentang lokasi, karena Anda mengontrak rumah

5 Masalah Paling Sering Terjadi dan Solusinya jika Tinggal di Kontrakan Sendirian

Mencari tempat tinggal bukan lah hal yang mudah, apabila kamu di haruskan dinas di tempat tertentu atau kuliah di satu daerah yang baru bagi kamu dan kamu akan di tempatkan atau tinggal di rumah kontrakan sendirian maka sebenarnya bukan masalah besar, karena tinggal di rumah kontrakan sendirian juga bisa nyaman asal kamu bisa dengan cepat menyesuaikan diri dan membuat rumah kontrakan tersebut seperti rumah sendiri, misalnya atur lah furniture yang ada senyaman mungkin agak kamu selalu merasa betah dan nyaman tinggal di rumah kontrakan tersebut. Dan juga rajin membersihkan rumah kontrakan agar selalu bersih dan membuat kamu betah tinggal di rumah kontrakan walaupun hanya sendirian. Jadi apa saja sih masalah yang sering di hadapi kalau tinggal di kontrakan sendirian? Berikut ini adalah 5 masalah yang paling sering terjadi dan solusinya jika tinggal di kontrakan sendirian: 1. Keamanan Apabila kamu tinggal sendirian  , pasti warga sekitar akan mengetahui nya karena berita atau

Perbedaan Kontrakan Rumah vs Kosan Biasa: Kamu Butuh yang Mana?

Apakah kamu sedang bingung untuk memilih antara tinggal di rumah kontrakan atau kosan biasa? Tinggal dimana pun sebenarnya akan nyaman kalau kamu adalah tipe orang yang muda menyesuaikan diri dan gampang beradaptasi, kemungkinan yang membedakan keduanya hanya lah biaya. Perbandingannya adalah apabila kamu tinggal di kontrakan dan apabila kamu hanya akan tinggal sendiri maka rasanya akan boros jadinya karena rumah kontrakan bisanya terdiri dari beberapa kamar dan akan repot untuk membersihkan satu rumah sendirian, kecuali kamu tinggal di rumah kontrakan tersebut bersama beberapa teman kamu dan kalian patungan untuk membayar sewa kosan dan bekerjasama untuk membersihkan kontrakan tersebut. Kalau di bilang nyaman atau tidak nyamannya ya biasanya kontrakan akan lebih nyaman dari kosan yang biasanya luasnya lebih kecil dari kontrakan dan semua fasilitas yang ada harus Anda share dengan penghuni lainnya. Kalau untuk biaya biasanya kosan akan lebih murah dari kontrakan dan di kosan